Namaku “Djati Utomo”

Oleh Poempida Hidayatulloh

Banyak orang mengenalku dengan nama Poempida Hidayatulloh. Kawan-kawanku memanggilku dengan panggilan Poem atau Poempi. Mereka juga selalu bertanya apa makna nama “Poempida”, tentunya semua orang tahu makna dari Hidayatulloh. Poempida berasal dari kata “Poempi Muda”. “Poempi” adalah nama panggilan Bapakku Eddy Iman Koesno di keluarga. Kebetulan pada saat aku lahir Bapakku terinspirasi dengan nama Pompidou dari George Pompidou, Presiden Perancis pada saat itu. Jadilah namaku Poempida yang maknanya “Poempi Junior”.

Ketika lahir, berdasarkan surat kelahiran dari rumah sakit, nama lengkapku adalah: Poempida Urip Priyopurnomo Hidayatulloh Djati Utomo. Nah, sekarang baru terlihat betapa kentalnya darah jawa yang mengalir ditubuhku. Namun entah bagaimana, di akte kelahiran namaku hanya tercatat menjadi Poempida Urip Priyopurnomo Hidayatulloh. Bagi teman-teman satu SMA, yaitu SMA Negeri 1 Bogor, ada sebagian teman dekatku yang memanggilku Urip.

Sebenarnya, aku sangat senang sekali nama “Djati Utomo”. Bagaimana pun juga itu namaku walaupun secara formal tdk melekat di diriku. Bapakku dulu sering memanggilku dengan nama itu. Aku pun tetap merasa nama itu adalah bagian dari nama lengkapku.

Lalu mengapa aku selalu pakai nama “Poempida Hidayatulloh”? Ini karena selama 9 tahun belajar di Inggris aku selalu identik dengan nama tersebut. Di sana orang hanya dipanggil dengan nama depan dan nama belakang saja. Jadi Poempida Hidayatulloh terus terbawa sampai sekarang.

Nah, sekarang bagi yang telah membaca tulisan ini, jangan heran kalau kemudian aku muncul dengan nama lengkapku yang sangat panjang: Poempida Urip Priyopurnomo Hidayatulloh Djati Utomo. Terima kasih Allah dan Kedua orang tua ku yang telah memberikan nama yang penuh makna ini. Alhamdulillah.

Share this

Tinggalkan Balasan