Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat 2010-2015

Anas Urbaningrum, Ketua Umum Partai Demokrat 2010-2015

Oleh Poempida Hidayatulloh

Selamat kepada sahabat saya Bung Anas Urbaningrum yang dengan melalui proses yang luar biasa telah terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat untuk Periode 2010-2015.

Memang saya tidak pernah mengalami satu “Excitement” dalam mengamati Kongres Partai lain selain Partai Golkar. Namun untuk Kongres Partai Demokrat kali ini, entah bagaimana membuat saya sangat penasaran menunggu hasilnya.

Banyak hal yang tersirat dalam melihat hasil yang muncul, sehingga peta politik internal Partai Demokrat pun menjadi menarik untuk disimak lebih lanjut.

Selama ini peran Ketua Umum Partai Demokrat sebagai Partai Politik besar dan pemenang Pemilu 2009 ini memang tidak terlihat secara signifikan. Hal ini dikarenakan adanya bayang-bayang Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat yang sangat populer dan juga menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Memang untuk pemetaan politik sekarang peran Bung Anas masih akan sulit bermanuver, dikarenakan sang Ketua Dewan Pembina masih akan dominan dengan Partai berlambang Mercy ini. Bagaimanapun SBY masih Presiden. Dalam hubungan dengan Koalisi Pun posisi-posisi telah ditempati oleh orang-orang dekat SBY dan para petinggi Partai-Partai Koalisi lainnya.

Begitu juga di Parlemen Posisi rival Bung Anas di Kongres ini, Bang Marzuki Alie, masih tetap menjadi Ketua DPR RI.

Yang jelas Bung Anas, telah mencatat sejarah, di mana suatu Partai Besar dapat di pimpin oleh seorang anak muda.

Bung Anas dapat memperkuat basis-basis politiknya untuk mempersiapkan diri di 2014. PR nya adalah melakukan penguatan politik Partai untuk dapat tetap menang di 2014,  jika tiba-tiba Partai Demokrat Anjlok, akan berat pertanggungjawaban Bung Anas kepada seluruh Kader Partai Demokrat.

Selain daripada itu, Bung Anas sangat berpeluang untuk menjadi kandidat Capres atau Cawapres di 2014.

Sekali lagi, Selamat Bung Anas! Selamat bekerja!

Visit: Poempida’s Journal

Share this

Tinggalkan Balasan