Misteri Pakta Cikeas

Apresiasi saya kepada Bung Anas Urbaningrum dengan segala keberhasilannya di Kongres Partai Demokrat 2010 ini telah saya paparkan di tulisan http://bit.ly/955VCE. Hasil kongres tersebut memang telah mematahkan sebagian analisa saya di tulisan saya http://bit.ly/c048uo.

Yang menjadi menarik adalah berbagai temuan yang saya dapatkan dari perbincangan saya dengan teman-teman yang terlibat di Kongres Partai Demokrat.

Dari informasi yang saya dengar dan saya simak memang akhirnya saya mempunyai kesimpulan  bahwa Pak SBY tidak bermain satu kartu, yaitu kartu Andi Malarangeng seperti yang digembar gemborkan (lihat: http://bit.ly/ajCQVj). Pada prinsipnya SBY tetap memberikan peluang yang sama kepada semua Kandidat Ketua Umum.

Lalu mengapa SBY memutuskan demikian? Apakah analisa saya di tulisan http://bit.ly/c048uo memang benar-benar sudah terpatahkan?

Ternyata semakin saya menggali cerita di balik Kongres Partai Demokrat 2010 semakin mendapatkan cerita yang menarik. Walaupun kebenaran dari cerita tersebut hanya Allah SWT yang mengetahui. Namun konon kabarnya SBY memberikan peluang yang sama kepada seluruh kandidat Ketua Umum dengan catatan semua Kandidat tersebut harus menandatangani “Pakta Kesepakatan”. Isi dari Pakta Kesepakatan ini memang masih misterius. Tapi berdasarkan “kabar burung” salah satu isinya adalah sepakat untuk “Tidak Maju sebagai Capres di 2014“. Benarkah demikian? Jika benar, maka analisa saya di http://bit.ly/c048uo tidak sepenuhnya salah dan terpatahkan. Dan Euforia terjadinya regenerasi politik yang dipionir oleh Bung Anas hanyalah sandiwara belaka. Namun jika isu tentang eksistensi Pakta ini merupakan isapan jempol belaka, maka Bung Anas sangat berpeluang menjadi kandidat RI 1 termuda dalam era pilpres secara langsung.

Benar atau tidaknya apa yang saya jabarkan di atas, cepat atau lambat akan terkuak. Dan yang pasti ini semua akan semakin jelas mendekati pemilu 2014. Semoga saja kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengetahuinya. ­čÖé

Share this

2 pemikiran pada “Misteri Pakta Cikeas

Tinggalkan Balasan