Hentikan Pemerasan TKI Di Terminal Kepulangan!

Kemarin saya mendapatkan surat tanpa pengirim (surat kaleng) yang melaporkan berbagai modus kejahatan terhadap TKI yang terjadi di terminal kedatangan Bandara Soetta.
Sungguh ironis, surat kaleng tersebut memaparkan bahwa hampir semua pihak di Bandara ini mempunyai oknum-oknum yang melakukan berbagai tipe modus kejahatan pada para TKI yang pulang.
Trenyuh rasanya berbagai masalah yang berhubungan dengan ini adalah suatu masalah yang selalu berulang. Dalam konteks ilmu “systems thinking” ini disebut “archetype tragedy of the common”. Artinya sistem yang terjadi/dirancang tidak pernah bisa memperbaiki keadaan. Sehingga kejadian-kejadian yang berupa masalah selalu bermunculan secara berulang dan dalam jangka waktu yang panjang.
Saya mempunyai observasi tersendiri, yang pada saat ini saya rancang dalam suatu bentuk model dari suatu sistem yang mungkin dapat menjadi jawaban dari masalah ini. Memang masih memerlukan beberapa eksperimen untuk membuat rumusan empirisnya. Namun, saya harap sistem yang dirancang ini dapat menjadi solusi yang mumpuni dan dapat menghentikan berbagai masalah residif ini.

surat TKI

surat TKI2

surat TKI3

Share this

Tinggalkan Balasan