Ultimatum Untuk Menkes: Demo Verifikator Jamkesmas Tanggal 15 April 2013

Para Verifikator Independen Jamkesmas (VIJ) akhirnya memilih keluar dari jalur diplomasi yang buntu, karena nasib mereka semakin tidak menentu menghadapi implementasi BPJS tanggal 1 Januari 2014 mendatang.
Para Verifikator Jamkesmas ini telah bekerja sebagai tulang punggung Program Jamkesmas sejak tahun 2008. Ironisnya sudah lebih dari 3 tahun mereka tetap saja berstatus karyawan kontrak Kementerian Kesehatan. Ini jelas bertentangan dengan UU Ketenagakerjaan.
Mereka berencana melakukan aksi Demo pada tanggal 15 April 2013, dengan tuntutan agar Kemenkes segera mengambil kebijakan untuk menjadikan mereka karyawan tetap dan dapat aktif dalam program BPJS mendatang.
Saat ini Menkes tidak pernah tegas memberikan rencana atau pun gagasan dalam menyelesaikan masalah status kepagawaian mereka, dan terkesan melempar tanggung jawab kepada PT ASKES yang akan menjadi BPJS Kesehatan. Namun PT ASKES pun tidak dapat memberikan harapan dikarenakan aturan rekrutmen PT. ASKES.
Para Verifikator Independen Jamkesmas ini pun telah menyurati Presiden SBY, dan hanya menjawab jawaban agar berkoordinasi dengan Kemkes.
Jangan patah semangat teman-teman VIJ, perjuangan belum selesai. Insya Allah semua ada jalan keluarnya.

Share this

2 pemikiran pada “Ultimatum Untuk Menkes: Demo Verifikator Jamkesmas Tanggal 15 April 2013

  1. Enam tahun berjalan program JAMKESMAS, milyaran rupiah dana JAMKESMAS terselamatkan, puluhan juta peserta JAMKESMAS yang telah terbantu. Akankah 1500 VIJ sebagai tulang punggung JAMKESMAS dibuang begitu saja. Ibarat kata habis manis sepah dibuang…..

Tinggalkan Balasan