Masalah Anak Buah Kapal, Laporan Dari Uruguay

Sekali lagi saya mendapatkan laporan tentang masalah Anak Buah Kapal yang bekerja di luar negeri. Akan segera saya tindak lanjuti.

Laporan Didik Trimardjono, KBRI Buenos Aires, Argentina.

Enam bulan lalu 17 Anak Buah Kapal (ABK) dikirim oleh PT Elina Victorioso (Bu Endang) untuk bekerja ke Kapal Poseydon I milik perusahaan Ukraina yang akan beroperasi di Uruguay.
Ketika KBRI sedang menyelesaikan kasus yg lain di Pelabuhan Montevideo, datang 17 ABK dari kapal tsb mengadukan selama bekerja belum terima gaji. Saya langsung melakukan pertemuan dgn Captain Kapal dan minta penjelasan serta penyelesaian pd kesempatan pertama. Melalui info Captain Kapal yg juga belum dibayar gajinya, saya berhasil menghubungi perusahaan dan minta penyelesaian segera atau kapal kami minta disegel oleh aparat, sebulan kemudian (kemarin) disepakati perusahaan gaji ABK (USD 350/bulan) dibayar dan abk dipulangkan besok. Masalah : kapal tidak memiliki ijin operasi penangkapan ikan.
Captain kapal sampaikan ABK indonesia luar biasa dan pada september nanti minta ABK kembali bekerja. ABK setuju tetapi saya tolak bila gaji hanya 350, dan disepakati gaji menjadi 700/ perbulan.
PT pengirim tidak bertanggungjawab. Ketika ada masalah malah menyarankan lapor ke sindikat perkapalan yang justru akan memperparah masalah.
Untung segera ketahuan. PT juga menyalahkan ABK karena lapor ke KBRI jadi ijin operasional PT dibekukan. Saran : PT yg nakal dan tidak bertanggungjawab demikian ditutup saja Pak dan dibawa ke ranah hukum, demikian.

Share this

Tinggalkan Balasan