Nota Tentang Sikap Direksi PT Jamsostek Terhadap Panja Outsourcing BUMN

Jakarta, 08 Oktober 2013  
No : 197/PH/A182/X/2013

Perihal : Sikap Direksi PT Jamsostek (Persero) terhadap Panja Outsourcing BUMN
Lamp : 1 berkas    

Kepada
Yth. Sdr. Menteri Negara BUMN RI
Di Tempat    

Dengan hormat,  
Semoga Saudara dalam keadaan baik dan senantiasa dalam lindungan-Nya.   
Menindaklanjuti hasil rapat kerja gabungan Kementerian Negara BUMN RI, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dan Komisi IX DPR-RI mengenai permasalahan ketenagakerjaan outsourcing di sejumlah BUMN pada  9 September 2013 dan 7 Oktober 2013.  

Kami bermaksud menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Pada hari ini 8 Oktober 2013, kami mendapatkan pengaduan dari para pekerja outsourcing di PT Jamsostek, bahwa Direktur Umum dan SDM PT Jamsostek (Persero) melontarkan pernyataan: “Panja DPR tidak kuat karena lebih condong ke politis. Jamsostek menjalankan peraturan UU bukan menjalankan kebijakan politik. Sementara itu, pejabat biro hukum PT Jamsostek (persero) melontarkan pernyataan: “silakan ke jalur hukum kalau tidak tanda tangan pesangon, tapi kita tidak akan kasih gaji”.

2. Kami sangat menyayangkan adanya persepsi dan pendapat dari kalangan BUMN seperti di poin 1. Ini tidak sesuai dengan kesepakatan Meneg BUMN dan Komisi IX DPR RI pada rapat kerja gabungan tanggal 9 September 2013. (Kesimpulan rapat terlampir).

3. Oleh karena itu, kami mendesak agar Saudara Menteri segera mengambil tindakan-tindakan yang sesuai dengan kesepakatan sebagaimana kesimpulan rapat (9 September 2013).

4. Perlu kami ingatkan bahwa panja outsourcing BUMN di Komisi IX DPR RI merupakan hak pengawasan yang setara kekuatannya dengan hak budget dan hak legislasi yang dimiliki DPR RI. Dimana semua hak tersebut mempunyai kekuatan di mata hukum yang mengikat.  

Demikian kami sampaikan agar menjadi perhatian khusus saudara Meneg BUMN dan kami menghimbau hal seperti ini tidak lagi terjadi di semua BUMN.    

Hormat Saya,        
DR. Poempida Hidayatulloh, BEng (Hon), PhD, DIC
No: A-182    

Tembusan
Presiden RI
Wakil Presiden RI
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI
Pimpinan DPR RI
Pimpinan Komisi IX DPR RI
Pimpinan Fraksi Partai Golkar DPR RI

Share this

5 pemikiran pada “Nota Tentang Sikap Direksi PT Jamsostek Terhadap Panja Outsourcing BUMN

  1. jangan bosan untuk membela HAK kami pak., saya juga seorang pekerja OS di PLN., 10 tahun saya merasakan pembeda’an dan bahkan peng kasta’an di tubuh PLN terhadap kami para pekerja OS yg sepertinya kami ini berada di kasta paling bawah dan HINA di kerajaan PLN sampe2 bnyk pegawai2 PLN yg baru masuk pun ikut memandang kami sebelah mata karena DOKTRIN KASTA dr senior2 nya.. semoga ALLAH SWT membalas semua niat baik anda ini entah dr mana atau berupa apa.,amin ya raabb..

  2. yang jd pertanyaan skrg: knp para pejabat BUMN yg terkait outsourc begitu keukeuh bersikeras melanggengkan outsourcing dan tdk mau tunduk kpd uu ketenagakerjaan dan peraturan2 yg berlaku????? ada apa dibalik itu????? siapa yg diuntungkan dgn adanya praktik outsourc di tubuh Bumn????

  3. yaah…klo begini paling hasilnya balak – balik cmn berbentuk desakan2 politik doang…tetap aja pekerja g akan dapat haknya tuk jadi karyawan BUMN langsung

Tinggalkan Balasan