Ultimatum Panja Outsourcing BUMN Komisi IX DPR

Hari ini secara simbolis Kementerian BUMN dan Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah menerima laporan Hasil Panja Outsourcing BUMN yang berisi rekomendasi tentang berbagai langkah yang harus diambil oleh Menteri BUMN dalam konteks menyelesaikan masalah Outourcing yang berada di lingkup BUMN.

Sangatlah lucu jika kemudian para direksi BUMN banyak yang menyuarakan secara publik bahwa Rekomendasi Panja Outsourcing BUMN ini bukanlah suatu keputusan hukum yang perlu dipatuhi.
Saya hanya berpikir saja dari mana sih para direksi BUMN yang berpikiran demikian itu dapat diangkat sebagai direksi suatu BUMN?
Jelas para direksi yang mempunyai pendapat seperti itu tidak paham akan tatanan Tata Negara RI. Tentunya mereka ini sama sekali tidak pantas menempati posisi terhormat dengan gaji tinggi sebagai profesional yang diharapkan mempunyai semangat nasionalisme yang sebenarnya, dan seyogianya dimiliki oleh seorang direksi BUMN.

Memang nampak jika hasil rekomendasi Panja ini tidak dilaksanakan kemudian tidak ada sanksi yang mengiringinya.
Namun demikian mereka lupa, apabila Panja Outosurcing BUMN Komisi IX ini merumuskan segala poin yang termaktub dalam rekomendasi Panja itu berdasarkan suatu produk hukum yang berupa Undang-Undang, yaitu UU no 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Jadi jelas apabila rekomendasi Panja ini diabaikan, dapat diartikan melawan UU atau dengan kata lain “melawan hukum”.

Direksi BUMN pun harus sadar bahwa wewenang yang mereka miliki juga terbatas dalam ruang lingkup dan waktu. Oleh karena itu ada saatnya nanti mereka tidak dapat lagi menghindar dari kejaran keadilan dan hukum yang berlaku.

Saya pribadi pun bermaksud memberikan ultimatum secara publik kepada para direksi BUMN ini, agar jangan pernah mengabaikan rekomendasi Panja Outsourcing BUMN.
Karena pada dasarnya Saya dan kawan-kawan di Komisi IX tidak akan membiarkan hal itu terjadi.
intinya jika para direksi ini banyak membuat susah banyak pihak, maka DPR pun akan dapat membuat susah kehidupan para direksi ini.

Share this

21 pemikiran pada “Ultimatum Panja Outsourcing BUMN Komisi IX DPR

  1. Skarang yg sudah jelas kami sdh di PHK di tgl 31-10-2013 dan skrg kami menjadi pengangguran. “Perusahaan negara tp menjadikan rakyatnya pengangguran” Ini hanya ada di negara kita Apa kata dunia????

  2. Dear, Bapak DPR RI Komisi IX (DR. Poempida Hidayatulloh)
    Selamat pagi,
    Dapat saya sampaikan inilah sebagai bukti perwakilan rakyat kita sangat tidak tegas, salah satu bukti, masa baru kemaren diserahkan tanggal 13 November 2013, hasil panjanya kepada Menteri BUMN dan Menteri Tenaga Kerja.
    Bagaimana Dereksi mau menjalankan hasil panja DPR RI Komisi IX .
    Kami memohon keseriusan anggota DPR RI Komisi IX, kalau lebih mantap bawa aja ke Paripurna supayah lebih kuat secara Hukum dan tidak ada lagi gugat-mengugat. Kita lihatlah sampai dimana keseriusan Perwakilan Rayat kita ini. Perlu bpak Poempida H ketahui, waktu bekunjung ke Balikpapan bersama teman-teman DPR RI, waktu itu bapak sudah membentak bapak GM Pertamina RU V Balikpapan mengenai kontrak yang sedang dirobah, bapak katakan jangan bermain kata-kata dan itu sama saja menipu OS, nyatanya bapak omongan bapak itu tidak dihiraukan, salah satu bukti, kontrak yang dirobah-robah yang tadinya di Process sekarang jadi penunjang tetap dijalankan, inilah bapak bahwa anggota Dewan itu tidak diperdulikan, dan saya rasa demikian juga hasil panja tidak akan dilaksanakan oleh Dereksi, seorang GM aja berani melawan, apa lagi Boss atasan lebih ranini lagi. Salam,\
    Linggom Situmorang

  3. Selamat pagi pak Poempida komisi IX DPR RI..
    Tolong dipercepat proses outsourcing ini pak, karena kami terintimidasi dengan wajib menandatangani surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Kami dipermainkan juga diperbudak, yang telah menandatangani (PHK) sekarang justru dipekerjakan kembali tetapi tidak ada status hanya dibayar ala kadarnya kerjaannyapun sampai tengah malam dan yang tidak menandatangani akan diBlacklist dari semua perusahaan BUMN. Keluarga tidak mendukung saya lagi untuk memperjuangkan ini karena rasa Takut yang Besar.
    Terimakasih banyak.

  4. Kita tunggu pasti akan ada gejola lebih besar dari buruh ini kita tunggu aja tanggal mainnya. Klo dari jajaran direkSi tetap tidak patuh Hukum mungkin Hukum Allah baru tau rasa

  5. assalaamu’alaikum pak poempida..
    kami 37 eks pekarya menunggu kehadiran bapak dan menteri BUMN ke aceh tamiang untuk sama-sama “menggeruduk” PT. Pertamina EP field Rantau Aceh Tamiang.. kapan bapak- bapak sekalian punya waktu?

  6. Aaaah Bung, Politik itu tidak mengenal kawan, apalagi keberpihakan. yang ada hanya “kebetulan” (kebetulan sama dalam kepentingan).

    MUDAH-MUDAHAN ANDA TIDAK TERMASUK DI DALAMNYA.

    Sebetulnya Kami OS BUMN berharap banyak kepada Bapak Ibu Anggota Dewan yang katanya terhormat, untuk dapat mengurus masalah perbudakan modern di BUMN. Sungguh Kami begitu bahagia, sekaligus terharu saat 12 butir rekomendasi keluar, karena sedikit celah telah terbuka, apalagi diembel-embeli “15 hari kerja” dari ditandatanganinya rekomendasi tersebut.

    Tapi Kami kecewa, ternyata Rekomendasinya saja baru sampai kepada tangan biang perbudakan itu baru hari kemarin (13-11-2013).

    Mudah-mudahan itu bukan indikasi “kebetulan” diantara Anda dan dia.

    Kami muak dengan segala dalih yang keluar dari direksi-direksi BUMN, kedengarannya seperti bukan manusia saja mereka itu.
    Mereka sudah mem-PHK sebagian dari Kami, dengan seenaknya
    Apalagi si Biadab Dirut PT. JAMSOSTEK. mudah-mudahan apa yang kami alami ini dialami olehnya, kalaupun tidak, oleh keturunannya.

    Dari sudut pandang Kami Pegawai OS. Apa susahnya sih bagi anggota dewan untuk memutar rekaman janji Dahlan Iskan dihadapannya, dan menagih ucapannya itu, yang mengatakan “akan menaati apapun hasil dari Panja”.

    ingat Bung kesabaran Kami bisa melemah dan amarah kami tak terbendung. Jangan sampai Kami anarkis.

    sekali lagi Kami pegawai OS adalah salah satu yang mewakilkan kepada Anda, bekerjalah dengan CEPAT, TEPAT, dan BERMANFAAT.

    salam hormat,
    OS PLN YANTEK AREA BANDUNG RAYON BANDUNG BARAT

  7. yth bp poempida, klaim direksi2 bumn brserta kacung2nya, jg kementriannya ttg 12 rekomendasi panja os yg dianggap berbenturan dgn aturn korporasi msing2 bumn dasarnya adalah salah satu tameng akan kekhawatiran mrk kehilangan pundi2 uang hasil sunatan &fee yg dihasilkan via mesin perusahaan OS/alihdaya yg mrk punya..alangkah biadabnya mrk2 tertawa bahagia menjajah bangsa sendiri,diatas cucuran keringat kaum os yg terpinggirkan sampai2 mrk kaum dir.bumn beserta kacung2 nya jg kementriannya tdk mengindahkan aturan hukum yg dbuat negara bersama rakyat bahkan melirikpun tidak….

    bp poempida&komisi lX, tetap semangat ya untuk terus membela kami kaum os yg terdzalimi,untuk terus memperjuangkan terimplementasinya rekomendasi panja os yg sejatinya adalah benar2 ada krn jeritan kami si pekerja yg dioutsourcingkan ..dan kami pun siap berjihad melawan si pembangkang konstitusi dan merebut hak2 kami… semangat 45..!!!!!

  8. Berita terbaru hari ini, terkini di Indonesia
    liputan6online Lip6Bisnis
    Laba Jasa Marga Turun 15% Akibat 800 Karyawan Baru
    Oleh Dian Ihsan Siregar
    Posted: 04/11/2013 17:15
    TOPIK #Jasa marga
    Laba Jasa Marga Turun 15% Akibat 800 Karyawan Baru
    Jasa Marga (Antara)

    Liputan6.com, Jakarta : PT Jasa Marga Tbk (JSMR) melaporkan penurunan laba bersih sebesar 15,1% menjadi Rp 1,02 triliun hingga kuartal III-2013 jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 1,21 triliun. Penurunan laba bersih ini dikarenakan beban usaha yang tinggi dan peningkatan alokasi dana guna menambah 800 karyawan.
    Berita Terkait
    Tarif Tol Naik Rp 500, Jasa Marga: Bandingkan dengan Tarif Parkir
    Tarif Tol Naik Rp 500, Jasa Marga: Bandingkan dengan Tarif Parkir
    Tiga Ruas Tol Bakal Padat Selama Libur Idul Adha, Mana Saja?
    Tiga Ruas Tol Bakal Padat Selama Libur Idul Adha, Mana Saja?

    “Beban usaha sangat tinggi, sehingga laba usaha turun 7,7%. Penambahan karyawan juga memberikan dampak penurunan bagi laba bersih perseroan,” ujar Direktur Utama JSMR Adityawarman ketika ditemui dalam acara CEO Networking 2013 di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Senin (4/11/2013).

    Adityawarman menjelaskan, penurunan laba bersih di kuartal III-2013 juga dipicu kenaikan upah, tertundanya penyelesaian jalan tol dan kenaikan tarif yang rendah.

    Guna menghadapi tantangan pertumbuhan lalu lintas yang semakin meningkat, operator jalan tol pelat merah ini mengaku perusahaan memang harus terus berinovasi dan meningkatkan layanan lalu lintas.

    “Kami akan optimalkan pengoperasian gardu ruas utama perseroan yang ada di daerah Jabodetabek. Itu kami akan tingkatkan,” tegasnya.

    Meski diakui, keputusan peningkatan pelayanan lalu lintas ini akan memicu beban operasional perusahaan. Termasuk salah satunya penambahan jumlah karyawan.(Dis/Shd).

    Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/737286/laba-jasa-marga-turun-15-akibat-800-karyawan-baru
    ______________________________________________________________
    ______________________________________________________________

    Laba Jasa Marga Turun Karena Penambahan Karyawan

    Created on Monday, 04 November 2013 12:46
    Published Date

    Laba Jasa Marga menurun (ANTARA/Septianda Perdana)
    Bali, GATRAnews – Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Adityawarman mengungkapkan alasan mengapa Jasa Marga mencatat penurunan laba bersih di kuartal III 2013 sebesar 15,1 persen, menjadi Rp1,02 triliun, dari periode sama tahun sebelumnya, Rp1,21 triliun. Penurunan itu disebabkan beban usaha yang memberatkan kondisi keuangan perseroan dan peningkatan alokasi dana untuk penambahan 800 karyawan.

    “Beban usaha yang tinggi menjadikan laba usaha turun tipis 7,7 persen dari Rp2,2 triliun menjadi Rp2,03 triliun, selain itu kita juga lakukan penambahan karyawan sehingga pendapatan yang kita terima sebagian kita alokasikan kesitu,” ujar Adityawarman, usai menghadiri CEO Networking 2013 di Nusa Dua, Bali, Senin (4/11).

    Pada periode Januari-September 2013 tercatat total beban usaha membengkak 58,2 persen menjadi Rp5,03 triliun dari sebelumnya hanya Rp3,18 triliun. Beberapa faktor penurunan laba diantaranya terdampak dari kenaikan upah, tertundanya penyelesaian jalan tol, dan kenaikan tarif yang lebih rendah dari prediksi.

    “Tarif tol memang naik, tapi beban usaha dan alokasi dana untuk penambahan karyawan menjadikan laba kita turun,” katanya.

    Untuk menghadapi tantangan pertumbuhan lalu lintas yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan panjang jalan tol, Jasa Marga melakukan berbagai upaya peningkatan pelayanan lalu lintas.

    Khususnya dengan mengoperasikan secara maksimal seluruh gardu pada ruas-ruas utama Jasa Marga di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Konsekuensi dari peningkatan pelayanan lalu lintas ini adalah meningkatnya beban operasi, termasuk di dalamnya peningkatan jumlah karyawan.

    Selain faktor di atas, penyesuaian upah minimum regional (UMR) dan bahan bakar minyak (BBM) turut mempengaruhi struktur biaya Jasa Marga. Padahal, Jasa Marga membukukan pendapatan Rp7,06 triliun atau melesat 31,1 persen dari realisasi kuartal III tahun lalu Rp5,38 triliun. (*/DKu)

    Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi-1/41872-laba-jasa-marga-turun-karena-penambahan-karyawan.html
    ____________________________________________________________________________________________________________________________

    ASSALAMUALAIKUM WR.WB
    YTH: BPK.POEMPIDA HIDAYATULLOH
    2 (dua) BERITA DI ATAS TERSEBUT YANG TERSEBAR DI PUBLIK ITU, BERBEDA DENGAN FAKTANYA SAMPAI SAAT INI DISKRIMINASI TERHADAP PEKERJA OUTSOURCING PETUGAS INTI PULTOL YANG SELAMA INI SUDAH BEKERJA BERTAHUN-TAHUN TIDAK DI ANGKAT JADI KARYAWAN JASA MARGA.

    SALAM HORMAT:
    OUTSOURCING JASA MARGA CABANG JAKARTA-CIKAMPEK,
    YANG SUDAH TERAMAT SANGAT MEMPRIHATINKAN.

  9. Kpd YTH Bapak Poempida H…..Salam Pak….!!!
    Kami Outsourcing Jasamarga Cabang Jakarta – Cikampek….mulai bekerja Thn 2003 s/d november 2013…..secara diskriminasi dan kepentingan – kepentingan orang yang mempunyai pengaruh terhadap Pemborongan Pekerjaan alih daya jasamarga ke anak perusahaan PT.JLJ TOL yang seharusnya bukan di borongkan ke anak perusahaan jasamarga pun masih terjadi diskriminasi dan kepentingan2 ….Tuntutan kami PKWTT JASAMARGA….!!! Tetapi yang terjadi malah kami – kami osc JasamargaM.rata2 sudah bekerja 5 s/d 10 tahun bekerja mendapatkan PHK….per 15 november 2013 jadwal kerja kami tidak ada di unit kerja masing – masing gerbang …akan tetapi sampai sekarang kami belum mendapatkan surat resmi PHK…? secara terang2 pihak jasamarga menyatakan per oktober 2013 pekerjaan pengumpulan tol bukanlah pekerjaan inti/ non core bisnis ..di sahkan oleh assosiasi jalan tol indonesia…jadi pertanyaan kami 1978 s/d september 2013 itu dianggap apa sama pihak manajemen jasamarga….core bisnis bukan ? Harapan kami ..yang ter PHK adalah HAK UNTUK BEKERJA KEMBALI PAK…..DAN JADI PKWTT JASAMARGA …BUKAN DI ALIHKAN KE PT. JLJ TOL …MOHON PAK SOAL PELANGGARAN – PELANGGARAN JASAMARGA SEGERA DI TINDAK LANJUT OLEH PIHAK PANJA OUTSOURCING KOMISI IX DPR RI YANG TERHORMAT……DAN JUGA MASALAH REKAN – REKAN KAMI OS YANG ADA DI TUBUH BUMN…..KAMI MENUNGGU PAK. Trima kasih.

  10. selamat pagi pak Poempida
    pln benar2 keterlaluan, disaat panja bumn dalam proses, antara pln dan vendor berani-beraninya melakukan kontrak baru untuk jangka 5 tahun, dan dalam minggu ini kami os pln medan dipaksa menandatangani surat pernyataan pkwtt kontrak baru oleh vendor tempat kami bernaung

  11. Teman teman
    perjuangkan kami juga
    team rabas pln
    nasib kami bagaimana?
    Hujan,panas kami bekerja,merabas dahan pohon berbahaya
    kami juga ujung tombak pln..

  12. kita tagih bersama saja seluruh OS BUMN terpusat dijakarta. sekelas pertamina dgn laba >30triliunan@tahun masih mengelak juga ini sangat tidak di masuk akal.

  13. Di pertamina bukan hanya dijaga oleh satpam, namun polisi dan tentara bersenjata di siagakan, pertanyaannya kenapa pertamina rela membayar mereka dengan amplop yang tebal, sedangkan OS pertamina di tekan pendapatannya ?

  14. assalamu’alaikum pak poempida..
    sudah lebih 15 hari rekomendasi panja OS dikeluarkan dan korban PHK sepihak 37 eks pekarya PT.Pertamina EP field Rantau Aceh Tamiang, BELUM juga dipekerjakan kembali oleh PT. Pertamina. kapan PT. Pertamina akan “digeruduk” pak?

    demikian kami sampaikan.
    atas perhatian bapak kami ucapkan terimakasih

    wassalam
    37 eks pekarya pertamina rantau aceh tamiang

  15. Outsourcing … ? Yang kini saya rasakan baru 5TH bekerja sbg OS di BUMN, alhamdulillah Upah Pokok di bawah 1.5Jt. Dengan Upah Lembur yg terbatas 40Jam, realisasinya berangkat pagi pulang malam tiap hari. Maaf baru 5TH saya bekerja, masih bnyk senior-senior saya yang lebih dari 5TH, bahkan sudah bekerja puluhan tahun. Moga ada perubahan yang lebih baik, amin …

  16. Pak bantu kami tim rabas pln,jaringan pln tambah luas,tp gaji kami dibwah umk,apalagi kami akan dikontrak dg gaji kecil.apakah hnya yantek saja yg ada perubahan,mengapa kami tidak??sedih rasanya.pdahal jk tak ada kami pasti dimana2 padam terkena pohon,yantek bkerja bila ada gangguan/pengaduan,sdangkan kami stiap hr bekerja hjan/panas merabas pohon dikota-desa-perkebunan-hutan,agar tidak padam..

Tinggalkan Balasan