Kartu Indonesia Sehat: Cerdas Dan Mendobrak

Gagasan Kartu Indonesia Sehat yang diangkat oleh Jokowi adalah suatu gebrakan yang tepat yang akan menjawab berbagai masalah pelayanan kesehatan yang ada. Ini bentuk suatu kepedulian yang sangat dalam dari sosok Presiden masa depan. Tanpa kesehatan segala konsep Negara kuat akan sirna begitu saja, tanpa didukung oleh rakyat dan generasi muda yang sehat. Ini sangat dipahami oleh Jokowi.
Program Kartu Indonesia Sehat memang merupakan keniscayaan, dan sangat diharapkan oleh Rakyat terutama yang berada di golongan bawah.
Secara riil program ini dapat diberlakukan secara Nasional, mengingat berbagai postur APBN yang tidak perlu dapat direalokasikan untuk fokus kepada program yang tersebut.
Penambahan Jumlah tempat tidur di rumah-rumah sakit seluruh Indonesia harus segera dikerjakan dalam bentuk crash program.
Ini pun sesuai dengan amanat UU Kesehatan no 36 tahun 2009, yang sampai saat ini belum pernah terealisasi dalam bentuk anggaran sebesar 5% dari seluruh total APBN.
Kepesertaan Rumah-rumah sakit swasta dalam program ini pun bisa digalakan dengan memberikan insetif khusus agar memperbesar jaringan pelayanan program tersebut.
Secara garis besar, program Kartu Indonesia sehat ini adalah program penyempurnaan dari program Jaminan Kesehatan Nasional melalui BPJS Kesehatan. Platformnya sudah ada tinggal diendorse dengan kebijakan-kebijakan yang berpihak.
Ini menunjukkan kecerdasan seorang Jokowi dalam memilih suatu program yang sangat implementatif dan bukan berupa janji-janji besar yang tidak jelas langkah penerapannya.

Salam Revolusi Mental
Poempida Hidayatulloh

Share this

Tinggalkan Balasan