Catatan Untuk Kabinet Kerja

Bersamaan dengan Hari Sumpah Pemuda, saya bermaksud mengucapkan selamat dan selamat bekerja kepada rekan-rekan saya yang terpilih menjadi menteri-menteri di Kabinet Kerja.
Saya pribadi berharap kepada seluruh masyarakat agar memberi kesempatan Kabinet Kerja untuk menunjukkan prestasinya.
Namun demikian ada beberapa catatan yang saya rasa penting agar kinerja dari Kabinet dapat terukur secara proporsional. Ada pun catatan-catatan tersebut adalah sebagai berikut:
1. Berbagai masalah yang selalu muncul secara berulang di Indonesia ini dikarenakan lemahnya pengawasan di berbagai sektor. Tidak hanya dalam konteks anggarannya saja namun secara sistem pun tidak ada suatu mekanisme pengawasan yang mumpuni.
2. Pengawasan yang ada harus kemudian dapat ditindaklanjuti dalam konteks penegakan hukum yang tegas sehingga terjadi efek jera bagi para pelanggar hukum. Di sinilah kunci agar problematika tidak terjadi secara berulang.
3. Tekanan berat politik senantiasa menanti dari koalisi sebelah. Sehingga apa yang menjadi isu tentang berbagai kebocoran dan problematika Bangsa lainnya yang menjadi jargon-jargon kampanye koalisi lawan harus berhasil dibuktikan dapat diselesaikan oleh Kabinet Kerja.
4. Pemberantasan Korupsi dan masalah hukum lainnya harus menjadi KEWAJIBAN untuk ditegakkan dan bukan menjadi suatu prestasi kerja.

Saya pikir itulah beberapa Poin yang sangat penting untuk dijadikan panduan bekerja bagi para Menteri di Kabinet Kerja.
Sekali lagi, Selamat bekerja!

Salam,
Poempida Hidayatulloh

Share this

Tinggalkan Balasan