Biografi

Poempida Hidayatulloh, seorang anak desa, keturunan Jawa asli yang lahir dan besar di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, tgl 18 Maret 1972, ini berhasil masuk ITB Jurusan Teknik Kimia di tahun 1990. Dan menyelesaikan pendidikan di University of Bristol, Inggris, dalam Bidang Aeronautical Engineering tahun 1995. Kemudian Poempida mendapatkan gelar Doktoralnya dari Imperial College of Science, Technology and Medicine, London, Inggris, dalam Bidang Mechanical Engineering pada tahun 1999.
Bidang keahliannya melingkupi Numerical analysis, computational fluid dynamics, CAD/CAM dan Mathematical Modelling.

Kehidupan Akademik tetap digeluti sampai sekarang. Poempida tercatat sebagai dosen pengajar di Program S2 Universitas Guna Darma. Ia pun pernah menjabat Rektor Universitas Kebangsaan, Bandung, pada tahun 2002-2004, pada usianya berumur 30 thn. Kini Poempida terdaftar sebagai Dosen Jurusan Teknik Mesin di Universitas Mercu Buana, dan tengah mengejar gelar Guru Besarnya. Poempida juga mempunyai minat besar dalam bidang system thinking yang ia banyak pelajari dalam melakukan analisa suatu sistem yang dapat memberikan impact berupa suatu solusi dalam berbagai macam masalah.

Akhir 2004, Poempida memulai karirnya sebagai pengusaha, dengan mendirikan Universal Business Group, bergerak di bidang security, konsesi hutan, dan renewable energy. Poempida bertekad untuk mencatat sejarah dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (Angin) Komersial Pertama di Indonesia.

Poempida adalah pengurus KADIN Indonesia yang aktif sejak tahun 2004. Dalam Politik, Poempida bergabung di Partai Golkar sejak tahun 1995. Jabatan terakhir di Partai Golkar adalah Wakil Bendahara di bawah Ketua Umum, Jusuf Kalla.
Kini Poempida aktif di Golkar sebagai Ketua DPP PG. Jabatan Publik terakhirnya adalah sebagai anggota DPR RI 2009-2014, Komisi IX menangani Kesehatan, Ketenagakerjaan dan Kependudukan.

Pengalaman dan pemikiran Poempida dapat dibaca dalam buku “The Da Vinci Factor – Seni Menggali Berbagai Keahlian”.

Share this

40 pemikiran pada “Biografi

  1. Ass. Salam Kenal…. Saya bangga setelah meliat biografi nya, masih muda…..Teruskan perjuangannya. Mudah-mudahan bisa memajukan Rakyat Indonesia…..Amien

  2. Oh…ya pa, kalau ada peluang di unit bisnis bapak saya pengen gabung…. Pengen cari suasana baru. aktifitas sekarang mengajar di STIE di sukabumi. Makasih.

  3. Aku bangga padamu… Semoga Allah SWT memberikan kesuksesan dalam berkarir dan berkah usia, sehat wal afiat. Amin.-

  4. Luar biasa pak poempida,sangat inspiratif bagi para generasi muda Indonesia..sukses selalu untuk karir politik dan usahanya..

  5. Ambil dan kembangkan sifat kenegarawanan Pak JK didalam dirimu, Insya Allah jika kelak dirimu menjadi RI I kami semua berharap wajah negeri ini akan berubah dari wajah carut marut seperti saat ini….Selamat Berjuang dan Berkarya Untuk Negeri….

  6. selamat…ternyata pak poempida berasal dari Sukabumi, mudah-mudahan ke depan ada pemimpin yang mampu mengantarkan bangsa ini menggapai kemandirian. terima kasih…salam dari orang Garut…pak…Sukron tea.

  7. salam…pak…tulisannya di kompasiana dan di sini menghadirkan sesuatu yang baru. sebagai rakyat biasa, saya menaruh kepercayaan pada calon pemimpin dari kalangan muda. maaf, belum bisa ikutin sayembara menulis. sebagai mohon maaf saya, insyaallah tulisan2 bapak akan saya kumpulkan…kalau berkenan, bisakah saya garap menjadi sebuah naskah? terima kasih

  8. Kalau melihat anak orang kaya atau seseorang yng memiliki kemampuan bisa menyelesaikan pendidikannya sampai tingkat doctoral di luar negeri,maka menurut saya itu adalah sebuah KEHARUSAN yng harus dicapainya,tidak ada yng istimewa padanya,lebih2 jika dicapai pada usia muda,dikarenakan dia bisa konsentrasi belajar tanpa ada halangan finasial sedikitpun,namun…..,jika ada seorang anak kampung yng miskin dengan segala kekurangan finansialnya bisa seperti itu,…..itu baru LUAR-BIASA…..!

  9. Assalammu’alaikum.

    Maaf, seingatku, dulu waktu di SMANSA aku punya teman satu sekolah, yang nama panggilannya “Poempi”.

    Apakah benar anda adalah Poempi yang saya kenal itu ? (Hehehe…formil banget sih…kalo iya juga aku gak pernah sekelas sama Poempi).

    Salam sukses dunia akhirat aja deh. Jazakallah khairan khatira.

  10. saya pendukung anda waktu pileg 2009 kemaren tapi nasib belum berpihak kepada mas pomp[i karena kurang turun kebah tapi ngak masalah 2014 sebentar lagi kok, saya berdoa semoga mas, bisa duudk diparlemen

  11. Ich gratuliere Ihnen für Ihre hervorragenden Erfolge und hoffe, dass Sie weitere erfolgreiche Lebensjahre vor Ihnen haben. Machen Sie weiter so. Ich bin natùrlich sehr froh, dass ich Sie kenne. Bleiben Sie bescheiden, auch wenn Sie später die wichtigste Person in diesem Land werden. Schöne Grüße aus Bandung …

  12. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Segala puji bagi Allah tuhan semesta Alam, perkenalkan sy M. Fajar Nurochman salah satu staff pengajar di Ponpes Darunnajah dan pengajar bimbel Faris Poetra Poempida. Alhamdulillah kira2 sudah 2 bulan ini Ananda Faris Poetra Poempida belajar bahasa Arab dan pelajaran lainnya, perkembangan sejauh ini Ananda Faris cukup baik dalam menerima pelajarannya.
    Mohon doa dari bapak karena insya allah tanggal 7-10 Desember santri darunnajah akan mengikuti Oral Examination kmudian tanggal 12-24 Desmber ujian tulis.
    Mohon doa pula insya allah Desember ini istri sy akan melahirkan putra pertama kami dan insya allah Januari sy akan melanjutkan program Magister sy.
    Hormat sy.
    Muhamad Fajar Nurochman, S.Pd.I
    fajar.nurochman@yahoo.com
    0852 2465 8482
    Pin bb 222bee0c

  13. Hallo Poempida,
    salam bro, saya adik angkatan dari program beasiswa STAID waktu ke UK dulu. Gak nyangka, ternyata setelah browsing2 baru sadar ini adalah Poempida kakak angkatan dulu.

    Sukses ya.
    Cheers…

  14. Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Salam kenal Bang Poempida, saya Rahmat Hidayat (Dayat), salah seorang dari sekian banyak (1520) VIJ yang sedang Bapak perjuangkan. Sebelumnya terima kasih atas bantuan moril dan fisiknya. Saya dan beberapa rekan di Lombok (NTB) sedang intent dgn NGO kami yg berbasis murni kesehatan, namun belum pernah exist akibat berbagai kesibukan kami masing2 dan sistem di daerah. Kami hanya ingin exist dan masih berjuang untuk bisa menyelamatkan berbagai data di bidang kesehatan yang selama ini “digunakan” oleh berbagai institusi/NGO dari luar untuk bisa meraup keuntungan bagi mereka sendiri. Sekedar informasi, bahwa kami telah bebrapa kali dipakai sebagai tenaga : Enumerator, Data Collector, Anthropometry Measurer dalam berbagai jenis penelitian yg diselenggarakan oleh NGO internasional (HKI-SUMMIT, GTZ, SEAMEO Tropmed, Survey Berkala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, dan ADB). Saya yakin bahwa Bapak sebenarnya juga sangat menyayangkan hal itu. Melalui tulisan sederhana ini, kami ingin menyampaikan permohonan bimbingan dan arahan agar kami dapat menjadi suatu lembaga non pemerintah yg ikut andil dalam upaya menyelamatkan data-data, khususnya data kesehatan di Indonesia. Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  15. orang muda cerdas dan mumpuni,,sangat kita dukung,,,tapi di negri biasanya bila bintang bersinar begitu akan dijegal oleh para senior,,,

  16. tolong pak poempida,di bri msh saja memakai jasa outsourcing..kami sdh bkerja puluhan tahun di bri,msh saja dioutsourcing..tlong dihapus smua pkerja outsourcing,dan diangkat karyawan tetap tanpa kecuali..trma ksh.

  17. Assalamu’alaikum.. Slmt Siang Bang. Smga slalu dberikn ksehatn untk abg mnjalankn aktfts shari2. Aamiin. sy dedi HMI Tangerang. Bermaksud ingin mengundang Abang sbg Narasumber dlm Dialog Publik Sumpah Pemuda kegiatan BEM FTI Gunadarma, Tgl 28 Okt di auditorium Univ. Gunadarma Depok. Mohon arahannya bang, Trims. sblumnya sy sudah bbm Abang
    kontak sy: 081294128298 pin 7D1E8DA1

  18. Assalamu alaikum, selamat pagi pak, semoga bapak dan seluruh rakyat indonesia senantiasa dalam lindungan dan rahmat Allah SWT, pak langsung sj, sy bulan 1 2015 ini diphk karena ketahuan menikah sebelum masa kontrak kerja habis 1 tahun di bumd makassar sulsel, tepatnya di perbankannya, saya belum hamil dan waktu melamar kerja dulu tdk ada persyaratan belum menikah barulah pas sign kontrak sy terpaksa sign kontrak krn tdk ada pilihan lain sy telah keluar dari kantor sebelumnya, namun sy dipecat krn menikah walaupun belum hamil dan punya saudara tiri yg ikut juga bekerja dibank daerah tersebut, saya telah diphk secara hormat namun disuruh membayar uang ganti rugi sejumlah Rp. 9 juta lebih, saya telah negosiasi dengan dirut langsung namun tetap sj sy dipecat, saya juga telah konsultasi dengan kepala depnaker di makassar ini, namun beliau mengatakan bumd tersebut sudah benar melakukan itu karena sudah prosedurnya, apakah phk saya ini tidak sewenang-wenang pak yang melanggar uu ketenagakerjaan? Toh sy tidak hamil dan surat keterangan belum menikah saya saya masukkan waktu sign kontrak memang tanggal sblum sy menikah, apakah yang dilakukan bumd itu sudah benar? Mengingat banyak yang bernasib seperti sy pak dipecat karena menikah dan kami ini hanya pencari kerja yang mengadu nasib pak dan pensiun dini dibank bumd tersebut juga sampai umur 36 tahun, dan kami bukan pegawai yg fraud, saya ucapkan terima kasih banyak pak jika bapak berkenan untuk membantu kami, semoga Allah senantiasa merahmati bapak dan keluarga agar selalu berkontribusi pada rakyat Dan negara .Jazakumullah khairan

Tinggalkan Balasan